Apa itu Reroll dalam game, Bagaimana cara reroll, Apakah Illegal?

Mungkin kalian yang baru saja mulai bermain game RPG khususnya dengan sistem Gacha baik itu permainan android, iOS, maupon PC akan sering mendengan kata-kata “Reroll”.

Advertisements

Apa itu Reroll dalam game, Bagaimana cara reroll, Apakah Illegal? – Mungkin kalian yang baru saja mulai bermain game RPG khususnya dengan sistem Gacha baik itu permainan android, iOS, maupon PC akan sering mendengan kata-kata “Reroll”.
Lalu apa sih sebenarnya reroll itu? kenapa kalian harus melakukan reroll? Apakah tindakan ini dianggap illegal oleh publisher game? dan mungkin kalian akan memiliki pertanyaan sejenis lainnya. Maka dari itu, saya akan membahas beberapa hal yang baru saja saya sebutkan itu didalam artikel ini.

Advertisements

Tabel Konten:

  1. Apa itu reroll?
  2. Mengapa harus melakukan reroll?
  3. Apakah Reroll Illegal?
  4. Kapan harus melakukan reroll?
  5. Dalam game apa kalian bisa melakukan reroll?
  6. Bagaimana cara melakukan reroll?

1. Apa itu reroll

Reroll adalah suatu kegiatan atau cara didalam game khususnya RPG dengan sistemgacha dimana pemain mencoba mengulangi permainan dari awal untuk mendapat karakter, senjata, atau item lain yang di inginkan dan hanya bisa didapatkan melalui gacha. Jadi pada dasarnya setelah pemain mencapai level atau stage tertentu dan melakukan gacha pertama, tapi tidak mendapat apa yang mereka inginkan, maka pemain akan membuat akun baru atau bermain di server lain dengan karakter awal atau karakter level 1 untuk mendapat apa yang mereka inginkan didalam game tertentu. Gampangnya, pemain cara ini digunakan untuk mendapat karakter atau item idaman pemain sejak pertama kali mereka bermain, sehingga pemain sudah dipastikan memiliki karakter tersebut pada saat mid-game atau end-game.

2. Mengapa harus?

Seperti yang sudah sedikit disinggung dalam pembahasan pertama, tujuan dari melakukan reroll sendiri adalah untuk mendapat karakter, senjata atau equipment, atau hal lainnya sedari awal permainan, sehingga pemain dapat bermain dengan santai dan mungkin tel;ah mendapatkan karakter dengan tier tinggi sehingga proses permainan akan menjadi lebih mudah kedepannya. Sangat berbeda dengan pemain yang tidak melakukan reroll yang mungkin tidak mendapat karakter tier tinggi sejak awal permainan dan mungkin bahkan tidak mendapatkannya sampai end-game atau di level tertinggi yang ada dalam permainan.
Meski melakukan reroll terkadang memakan waktu yang lama karena belum pasti pemain bisa mendapatkan karakter yang di inginkan dalam satu atau dua kali perceobaan, tapi setidaknya ini akan lebibh membantu ketika berada dalam stage akhir dari permainan nantinya. Tapi tentu saja kalian tidak harus melakukan reroll jika kalian sudah berniat untuk melakukan investasi untuk karakter mendatang yang sudah dipastikan bahwa karakter itu akan ditambahkan dalam game nantinya. Misalnya saja ketika bermain Genshin Impact, kalian bisa berinvestasi menyimpan primogem dan Acquaint Fate untuk melakukan gacha pada saat event karakter Ayaka yang sudah beredar luas bahwa karakter tersebut akan ditambahkan nantinya.

3. Apakah Illegal?

Apakah Reroll itu tindakan illegal dalam permainan? Mungkin kalian akan bertanya tanya seperti itu. Namun sebenarnya legal atau tidaknya kegiatan reroll dalam permainan itu telah ditentukan dalam setiap game yang biasanya dituliskan dalam Terms of Use atau Kebijakan Penggunaan. Tidak semua permainan menganggap bahwa reroll adalah sebuah tindakan illegan, namun ada juga yang melarang pemainnya untuk melakukan reroll. Jika kalian masih belum tau kejelasan apakah game yang kalian mainkan membolehkan pemainnya untuk melakukan reroll atau tidak, maka kalian bisa mencari atau bertanya dalam komunitas permainan terkait. Karena jika kalian bertanya terus terang kepada CS (Customer Service), mungkin mereka hanya menjawab bahwa kalian lebih disarankan untuk terus melanjutkan permainan tanpa melakukan reroll.
kenapa kalian hanrus mengetahui bahwa tindakan ini bersifat illegal atau bukan dalam game terkait? Tentu saja untuk mencegah jika tiba-tiba akun kalian terblokir karena melakukan reroll dan itu sudah tertulis dalam ToS mereka, tapi kalian masih tidak membacanya. Karena menurut saya kebanyakan pemain tidak akan membaca ToS terlebih dahulu ketika bermain game (dan bahkan termasuk saya sendiri).

4. Kapan harus melakukan reroll?

Untuk melakuan reroll, tentu saja kalian bisa melakukan reroll kapanpun, baik itu ketika kalian sudah level tinggi, level menengah atau baru saja bermain. Tapi kapan sebaiknya kalian melakukan reroll? Jika pertanyaan kalian seperti ini, maka jawabannya tentu adalah ketika kalian baru saja mulai bermain, atau sama saja masih dengan level rendah. Kenapa? karena ketika level kalian sudah terlanjur tinggi, maka kalian akan merasa malas untuk mengulang dari awal dan juga malas dengan aku saat ini yang masih bleum juga mendapat karakter yang di inginkan, sehingga menyebabkan kalian akan lebih cepat bosan dengan permainan terkait. Selain level kaun kalian yang masih rendah, sebaiknya kalian juga mempertimbangkan event rate up, karena ketika kalian melakukan reroll dalam banner rate up, tentu saja kalian memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapat karakter yang di inginkan.

5. Dalam game apa kalian bisa melakukan?

Tentu saja kalian bisa melakukan reroll dalam game apapun selama game tersebut memiliki fitur gacha, baik itu gacha karakter, equipment, ata yang lainnya. tapi tentu saja kalian juga harus memperhatikan apakah karakter baru mendapatkan freebies atau hadiah pemain baru atau tidak. Jika game yang kalian mainkan adalah game gacha tapi tidak memberikan Freebies atau memberikannya tapi butuh waktu sampai seminggu untuk mendapatkannya, lebih baik tidka melakukan reroll dan bermain dengan apa adanya.

Contoh permainnan yang memungkinkan kalian melakukan reroll adalah: Genshin Impact, Arknights, Sword master Story, dan beberapa game gacha sejenisnya.

6. Bagaimana cara melakukan?

Untuk melakukan reroll, setiap permainan tentu memiliki cara yang berbeda. ada yang memberikan pemian freebies untuk bisa langsung melakukan gacha seperti Arknights, dan ada juga yang mengharuskan pemain mencapai level tertentu untuk melakukan gacha seperti Genshin Impact. Untuk selengkapnya tentang cara reroll dalam game tertentu, kalian bisa [Klik Disini] dan mencari game apa yang ingin di reroll.

Kesimpulan

Melakukan reroll sudah pasti menguntukan karena kalian sudah pasti mendapat karakter yang di inginkan. Meski begitu, tentu kalian harus memperhatikan apakah kegiatan tersebut dilarang dalam game atau tidak. Selain itu kalian juga perlu mempertimbangkannya lagi karena melakukan reroll tentu akan memakan waktu lebih lama daripada bermaind dengan normal atau melakukan top-up.

Was this helpful?

0 / 0

Advertisements
Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published.


id_IDBahasa Indonesia
Advertisements